Senin, 27 Mei 2013

Cara membuat lagu dj dan ngeremix

   Ketemu lagi sob di blog dj tempat gw terus belajar , juga sharing ini setelah beberapa minggu tidak update maklum ada kesibukan sedikit ngerjain pesanan nge-remix lagu. well, gw pikir poin bagaimana menjadi dj sudah di tulis di article sebelumnya ya..Silahkan baca di cara menjadi dj jika yang belum baca. Article kali ini tentang membuat lagu dj dan nge-remix lagu yang mungkin lo pernah baca di forum-forum diskusi soal musik.

Well, langsung saja kita mulai tentang membuat lagu dj.
Katanya bro seorang dj walaupun sudah bisa mixing atau katakanlah sering perform di club, akan tetapi jika dia belum bisa bikin lagu sendiri, nge-remix atau ngedit/mashup lagu rasanya belumlah Perfect. Karena menurut gw dan teman-teman lainya, perform dengan membawakan lagu buatan sendiri, remixan,edit, rasanya lebih puas ketimbang selalu memainkan lagu orang. Ok..apa saja yang di perlukan untuk membuat lagu dj??


1. Musik Skill
 Yang ini sudah tak asing lagi ya, selain memang bakat tentang musik juga dapat kita peroleh dengan belajar pada orang lain yang lebih bisa. Kadang juga belajar sendiri (otodidak), bakat bukan utama yang penting punya kemauan untuk bisa. Setuju?

2. Software
Nah untuk bagian ini silahkan baca di dj software, apa saja sih software yang pake para dj untuk membuat lagu. Kalo gw terus terang Pake Fl-studio (fruityloop) karena dari dulu memang sudah biasa dan cinta banget..hehe. Menurut gw Fl-studio lebih lengkap kalo udah paham. Lihat video cara mengunakan Tool di fl studio untuk pemula tentang gambaran apa aja fungsi komponennya.

3. Gear/Hardware
Ini mencakup peralatan sound sistem yang mendukung dan juga alat musik yang lain. Tapi tidak usah khawatir jaman sekarang makin canggih tanpa alat musik pun kita sudah bisa membuat lagu dj yaitu pake software di tambah vst (virtual studio technologi). Karena yang kita buat adalah jenis music electronik. Jenis music electronic banyak di jual di beatport, junodownload, dan lainnya. Selain jenis music itu mereka tidak jual. Untuk jelasnya tentang jenis music electronic apa saja silahkan ke Tkp tante wiki electronic genre..Nah yang paling sederhana kita hanya butuh tool : Speaker (active/not), Headphone, Amplifier. Itu aja gw rasa dah cukup untuk menghemat cost.

4. Sampler/samples
Sampler biasanya berupa , sound effect, drum loop, midi,single sound (electronik musik instrument). Adanya samples mempermudah kita saat membuat music, artinya kita tidak perlu susah payah membuat beat (making beat) atau sound lainnya.Tetapi sangat di sarankan sebelum ente menggunakan loop samples, lebih baik ente harus bisa membuat basic beat sendiri. Pada setiap software biasanya sudah di sediakan namun kadang cuma samples standar. Seperti di Fl studio, ACid pro, sampler yang di sediakan pun tidak banyak tapi sudah cukup untuk pemula. Untuk ngeremix, ngedit lagu-lagu Dj sebaiknya gunakan samples yang sesuai genre-nya agar lebih mudah.

5. Action
Lakukan proses step by step.

Cara Membuat lagu - lagu DJ

Teori umum : 4 Bar 4 beat.
Yang pertama kita lakukan adalah tentukan dulu genre/style music dj yang akan kita buat. Misalnya genre House music, progressive, trance,breakbeat, tribal house (komersil song). Atau mungkin Funkot. Ketika sudah kita tentukan style musiknya langkah selanjutnya adalah memahami style music itu sendiri. Misalnya standar BPM (beat permenit). Untuk lebih jelasnya soal bpm lihat table di bawah:

Tempo in Bpm

Reggae -----------70–82
Trip Hop --- -----80–92
Hip-hop ----------89–105
Acid Jazz ---------110-116
Disco -------------124-133
Dutch House ------ 126 - 130
House ------------120–128
Break beat n electro 130 –132
Progressive house -------128–135
Tribal -------------130 -135
Trance ------------135–140
Psychedelic --------136--140
Techno ------------140 ke atas
Hardcore ----------150–160
Drum n Bass ------160–170

Tabel ini tidak baku hanya untuk gambaran saja saat lo mau membuat lagu , tapi rata-rata seperti itu jumlahnya. Oh ya bro membuat lagu dan ngeremix/ ngedit itu beda.
 Membuat lagu DJ :Sederhananya kalo membuat lagu (composer): Semua aransement musiknya ente yang membuat. Sebagai contoh di bawah ini 2 contoh lagu house buatan Ane   dengan konsep lagu simple tune atau minimalis.Bpm 128. Kenapa bpm 128? biar genep and gampang menghitung bar-nya. 4/4.

Three thousand original mix (djhendry ft dj rulis ) by djhendry
Kualitas lagu di atas masih jelek--yang bagus silahkan klik djhendry remix page download lagu lainnya.
Contoh 2:
Lagu Untuk DJ yang simple di bawah ini. Judul Dindaa : Aransement musik ane sendiri yang membuat. Dari Beat, Rhythm, Pad, lead, dan lainnya.

Dindaa - djhendry (original mix) by djhendry

 Nge-remix : lagu orang ente (read anda) rubah sedikit berbeda dengan aslinya sama dengan ngedit disini juga kita di tuntut untuk bisa meng-aransement musik sendiri (jika mengunakan acapella). Jika ingin  menggunakan musik asli dari lagu yang akan di remix, ente bisa rubah beat aslinya atau tambahin bassline.Genre lagu terserah, mau lo bikin breakbeat, house atau yang lain. Bahannya acapela dan yang penting yambung. contoh lagu di bawah:

I gotha feeling - djhendry mix-edit by djhendry
Lagu di atas gotha feeling, ane ambil dari lagu aslinya dan hanya di edit bagian beat agar lebih bagus. Di bawah ini adalah contoh lagu yang Ane remix menggunakan Acapella (vocal clean: no music).


Dalam mengerjakan Ane memakai Fl-studio v.9 - 10 (bundle version  production) untuk ngeremix lagu ini di tambah samples, Vst, tapi untuk beat ane membuat beat sendiri. Ane sengaja memilih versi ini karena lebih kengkap di banding yang biasa. Perbedaannya adalah pada Plug-in sangat lengkap, dan di tambah video tutorialnya dari officer--lihat di video tutorial fl studio, sebagian sudah gw upload. Total file Fl-studio bundle version sekitar 200mb lebih untuk aplikasinya dan lainnya adalah samples tambahan untuk genre lagu DJ. Yang mau software pesan saja sama gw harga 200rb beserta file regnya..Jiah..jualan nih..hehe

Yang kedua dalam membuat lagu dj adalah membuat melody atau beat (making beat) --lihat postingan cara membuat beat sendiri. Untuk prosesnya terserah ente mo beat dulu atau melody baru nanti di kembangkan. Lo bisa memakai software apa saja yang lo punya atau kuasai. Mungkin pake Acid pro seperti dj Art.Tapi saran gw pake aja Fl-studio, kerena lebih familiar dan mudah di pakai. Bisa juga pake keduanya. Kalo gw cuma pake fl doang. Sekedar sharing tentang pengetahuan soal musik yang sedikit dan masih terus belajar.

SelengkapNya: http://www.djhendryal.com/2010/07/cara-membuat-lagu-dj-dan-ngeremix.html#ixzz2T2zNgZiX
belajar menjadi dj, ngeremix lagu, tutorial Fl studio, virtualdj tutorial, lagu dj, Funkot, jual cdj

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar